Senin, 04 April 2022

Review Jurnal Seni Rupa dan Desain

 Jurnal 1

Judul : KAJIAN SEMIOTIKA PADA VISUALISASI TOKOH ALL MIGHT DALAM MANGA BOKU NO HERO ACADEMIA SEBAGAI REPRESENTASI SUPERHERO AMERIKA

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain : Tokoh All Might dalam manga Boku No Hero Academia

Pendekatan : Menggunakan Pendekatan Semiotik atau semiologi didasarkan pada suatu asumsi bahwa tindakan manusia atau hal yang dihasilkannya menunjukkan makna. Asalkan tindakan tersebut berfungsi sebagai tanda, tentu terdapat sistem konvensi dan pembedaan yang mendasarinya dan yang memungkinkan adanya makna tersebut. Di mana ada tanda, di situlah ada sistem [5]. Menurut Umberto Eco dalam A Theory of Semiotic [6] melihat tanda sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari obyek referensinya serta pemahaman subyek atas tanda. Tanda atau signal ditempatkan di dalam rantai komunikasi, sehingga mempunyai peran yang penting dalam komunikasi.

Analisis : Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kepustakaan, serta sumber internet. Observasi dilakukan dengan cara mengamati manga BNHA.

Teori : Teori yang digunakan dalam kajian ini adalah teori semiotika.

Kesimpulan : Wujud tokoh All Might memiliki visual yang menyerupai superhero Amerika pada umumnya. Hal tersebut ditandai dengan perwujudannya sebagai sosok pria bertubuh besar dengan fisik atletis yang terdefinisi dengan tegas. Memiliki kepribadian dramatis yang dapat dilihat secara visual melalui gesture dan ekspresinya. Serta dibekali dengan beraneka ragam kekuatan super. Secara semiotika, visual dan kepribadian tokoh All Might dapat dilihat sebagai representasi tipikal superhero Amerika. Dalam hal ini adalah tipikal Boy Scout. Yakni, tipe superhero yang menggunakan kekuatan supernya untuk kebaikan. Pada umumnya tokoh superhero tersebut merupakan tokoh yang dihormati oleh superhero lainnya. Contoh tipikal Boy Scout adalah tokoh Superman dan Captain America.

Apa Yang Menurutmu Bisa Diteliti Dari Jurnal Tersebut : visualisasi dari tokoh komik dapat merepresentasikan daerah dimana visual tersebut biasa digunakan dan ditemukan. Dalam komik berjudul Boku No Hero Academia (BNHA) ditemukan elemen-elemen serta istilah yang biasa terdapat di dalam komik dan tokoh superhero Amerika pada umumnya, salah satunya melalui tokoh All Might.

Sumber : https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual/article/download/40/25


Jurnal 2

Judul : KAJIAN SEMIOTIKA APLIKASI LOGO FACEBOOK DAN MESSENGER

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain : Logo Applikasi Facebook dan Messenger

Pendekatan : Pendekatan kualitatif adalah yang paling tepat dalam memahami makna logo Aplikasi Facebook. Metode ini didasarkan atas pertimbangan akan adanya tujuan penelitian yang setidaknya ingin menguraikan masalah yang akan diteliti dan diamati saja, akan tetapi juga untuk menjadikan metode deskriptif sebagai pedoman dalam melakukan penelitian makna logo Aplikasi Facebook.

Analisis : Metode penelitian ini yang dicapai oleh penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif.

Teori : Menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce

Kesimpulan : Dari kajian Semiotika yang telah dilakukan, logo aplikasi facebook dan messenger memperlihatkan adanya ikatan dan relasi antar tanda ikon, indeks atau simbol baikpun oleh warna, bentuk, properti atau situasi selalu bersangkutan atau sedikit banyak dapat dijelaskan makna yang tercantum di dalamnya setiap logo aplikasi media sosial, dan sehingga informasi yang diberitahukan akan lebih mudah dipaham dan dicerna pada para pembacanya.

Apa Yang Menurutmu Bisa Diteliti Dari Jurnal Tersebut : Makna pada sebuah logo

Sumber : https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual/article/download/250/201


Jurnal 3

Judul : Analisis Tanda Dalam Karya Seni Grafis Reza Sastra Wijaya

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain : Karya seni yang diulas merupakan karya seni grafis yang dibuat dengan menggunakan teknik cetak cukil hardboard dan dicetak dengan menggunakan metode serigrafi di atas kanvas dengan ukuran 80 x 120 cm yang dibuat pada tahun 2012.

Pendekatan : Pendekatan semiotika sebagai metode penelitian memiliki dua tahapan. Pertama, analisis tanda secara individual, misalnya jenis tanda, mekanisme atau struktur tanda, dan makna tanda secara individual. Kedua, analisis tanda sebagai sebuah kelompok atau kombinasi, yaitu kumpulan tanda-tanda yang membentuk apa yang disebut sebagai teks 

Analisis : Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada prinsipnya penelitian kualitatif bersifat tafsiran berdasarkan identifikasi data yang telah dikumpulkan melalui proses observasi dan wawancara. Proses observasi dan wawancara yang dilakukan, guna mengetahui gambaran umum mengenai konsep penciptaan karya seni, sehingga interpretasi terhadap sistem tanda yang dilakukan memiliki validitas yang akurat dan bersifat objektif.

Teori : SEMIOTIKA PEIRCE

Kesimpulan :  Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pesan yang ingin disampaikan siseniman melalui karya seni grafis yang berjudul “cara curang” dengan subjek mater yakni kasus “suap” merupakan representasi dari suatu realitas yang diamati, melalui stimulus maka lahirlah suatu karya seni. Pesan simbolik yang ingin disampaikan dalam karya ini adalah bahwa dengan uang “suap atau sogok” segala sesuatu bisa diraih dan dicapai tanpa mengikuti aturan-aturan yang berlaku secara konvensi. Salah satu kasus adalah keadilan, dengan uang “suap” keadilan di negeri ini bisa diperjual belikan

Apa Yang Menurutmu Bisa Diteliti Dari Jurnal Tersebut : mencari tahu sebuah pesan dan makna dari lukisan

Sumber : https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2258248




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Literatur Tentang Konten Horror Youtube

Judul :  KONTEN HOROR YOUTUBE JURNALRISA DI KALANGAN MAHASISWA Ternyata motif mahasiswa menoton konten horor yang ada di youtube seperti cha...